Perjalanan Field Trip tahun ini terasa berbeda. Berbeda karena selain kunjungan pengenalan kampus ke UGM, siswa juga berkunjung ke Ketep Pass Merapi, Malioboro dan Candi Prambanan.

Di candi Prambanan ini, siswa siswi SMA Islam Terpadu Harapan Umat dituntut tidak hanya untuk mengamati sejarah atau situs candi Prambanan, namun juga harus percaya diri dan berani mewawancarai turis asing (Foreigner). Di awal kedatangan, rombongan menikmati udara puncak yang dingin dan segar di Ketep Pass Merapi. Siswa siswi mempelajari terjadinya peristiwa vulkanisme dan meletusnya gunung merapi di museum Vulkanologi dan di Ketep Volcano Theater sebagai pendukung tugas mata pelajaran Geografi.

ketep pass

Setelah singgah di tujuan pertama, rombongan melanjutkan perjalanan ke candi Prambanan. Di Candi  Prambanan ini, siswa mendapat tugas untuk mewawancarai turis asing dan membuat video wawancara tersebut. Walaupun terlihat banyak siswa yang gugup dan grogi ketika pertama memulai aktifitas percakapan dengan turis asing, namun antusiasme mereka sudah terlihat sejak pertama kali menginjakkan kaki di pelataran candi Prambanan. Rasa percaya diri dan keberanian diuji di tugas ini. Ada siswa yang beberapa kali ditolak turis asing untuk wawancara, karena bermacam alasan, antara lain karena terburu-buru, sudah diwawancara siswa lain, serta karena tidak fasih berbahasa Inggris (biasanya dari negara Jepang, Korea dan Spanyol). Namun yang patut diapreasiasi adalah siswa siswi SMA Islam Terpadu Harapan Umat Karawang pantang menyerah. Mereka terus mencari turis yang bersedia diwawancara, hingga akhirnya satu persatu siswa dapat mengeksekusi tugas ini dengan baik. Adapun turis yang berhasil diwawancarai yaitu berasal dari benua Eropa (Belanda, Inggris, Hungaria dan Swiss) dan juga dari benua Asia yaitu Jepang dan Korea.

[Bergaya dulu ah..sebelum wawancara]

english fun prambanan

[Alhamdulillah …akhirnya ada turis yang mau diwawancara]

english fun

Rasa penat, lelah dan malu sudah tidak dirasa. Bahkan ketika rasa percaya diri siswa-siswi SMA Islam Terpadu Harapan Umat Karawang semakin meningkat, tugas mewawancarai satu turis per siswa dirasakan masih kurang. Kepercayaan diri, sikap inilah yang ingin dibangun dan ditumbuhkan dalam program ini. Bahwa hakikatnya Bahasa Inggris adalah mudah, manakala dipergunakan dalam percakapan, dan dipraktikkan.

prambanan 1

Alhamdulillah, tugas wawancara berhasil diselesaikan. Banyak pengalaman seru dan menyenangkan yang  didapatkan dari pengalaman ini. Hari menjelang malam, rombongan harus pulang dan bersiap melanjutkan perjalanan Field Trip kami. Menuju penginapan, beristirahat sejenak untuk melanjutkan perjalanan esok hari. Kunjungan pengenalan kampus ke UGM, dan Malioboro. Back to Karawang, Enjoy The Trip, Enjoy Learning!

Admin

Komentar