IMG_20170213_084609FIELD TRIP IPB 1

Pendidikan merupakan sebuah proses menumbuhkembangankan seluruh potensi manusia, domainya bukan sekadar fisik atau akal semata, melainkan juga ruh manusia yang merupakan entitas utamanya.

Dalam prosesnya pendidikan tidaklah terfokus kepada media yang baku semata, dalam hal ini buku, pensil, kursi ataupun bangunan kelas saja, akan tetapi cakupannya sangatlah luas selayaknya hamparan alam semesta yang merupakan manifestasi kreasi Sang Pencipta menjadi salah satu bagian media pembelajaran yang wajib dikaji oleh setiap pendidik dan peserta didik agar setiap diri kian cerdas menata diri, dan pintar dalam memanfaatkan semua potensi yang ada, termasuk alam raya sebagai lingkungan dimana kita hidup. Allah Ta’ala telah berfirman,

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang yang berakal” (QS. Ali Imron : 190).

Dalam konteks dunia kampus sebagai salah satu pusat pengkajian kekayaan alam semsta, siapa di antara kita yang tindak mengenal Institut Pertanian Bogor  yang kemudian disingkat dengan IPB ?. Perguruan tinggi peringkat ke -4 nasional serta bertaraf internasional dengan peringkat 51 dari 100 perguruan tinggi yang diakui oleh QS World University Ranking by subject yaitu Agriculture and Forestry.

IPB sebagai manivestasi lembaga pendidikan yang concern dengan dunia pertanian pernah diungkapkan Presiden Soekarno (1952) terkait peran penting yang dimainkannya, dalam sesi pidatonya Presiden waktu itu menyampaikan bahwa “Pertanian adalah soal hidup dan mati”. Ia penderitaan rakyat dan berperan penting bagi kehidupan dan penghidupan bangsa Indonesia.

Sungguh apa yang telah tertuang dalam gagasan pemikiran di atas, menjadikan kami selaku pegiat pendidikan di sekolah Islam Terpadu SMAIT Harapan Umat menjadi daya tarik tersendiri, yang melahirkan obsesi dan cita-cita besar sehingga putra putri kami berkesempatan menimba ilmu di kampus mulia ini, dan kegiatan Field Trip- pun kemudian tercetus sebagai perwujudan ikhtiar kami untuk meraihnya.

Kamis, 09 Februari 2017 dinihari pada jam 05.00 WIB di tengah guyuran hujan yang cukup deras, kami berangkat dari kota Karawang menuju kampus IPB. Setibanya di sana kami disambut oleh Bapak Rifki selaku Operator IPB dan Ibu Nur selaku HUMAS Rektorat IPB. Sambutan hangatpun disuguhkan oleh kakak- kakak mahasiswa yang kemudian memberikan ulasan secara gamblang terkait dunia kekampusan di IPB. Besar harapan kami dengan suksesi acara ini, bukan hanya ikatan silaturahim semata yang terjalin, namun juga adanya kerjasama secara lebih intens di masa kekinian dan yang akan datang, hingga asa serta cita anak didik kami agar bisa kuliah di kampus mulia bisa terwujud secara lebih maksimal.

Admin

Komentar