(Karawang/13-11-2022) Sekolah Islam Terpadu Harapan Umat (SIT HARUM) Karawang menggelar acara Seminar Parenting pada sabtu 12 November 2022. SIT HARUM Karawang yang berada di bawah Yayasan Harapan Umat Karawang merancang program ini untuk memberikan bekal kepada seluruh orang tua sisw baru SIT HARUM Karawang mengenai pengasuhan anak. Acara yang bertajuk Parent as Teacher ini merupakan salah satu program Harum Learning Center.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asep Saepudin, S.Pd.I Ketua Pelaksana Harian Yayasan Harapan Umat Karawang, Hj. Liah Sobariah Wakil Ketua II Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Karawang, Ade Rusdana, S.Pd. Ketua IGTKI Karawang, Ida Sriwidaningsih, S.Pd. Pengawas TK kecamatan Telukjambe Timur, Hj. Imas Suminar, S.Pd., M.M.Pd. Pengawas SMP, Dede Sumiati, S.Pd., M.Pd. Pengawas SMA, Tarya Jaenudin, S.Pd. Kepala Bidang Humas Yayasan HARUM Karawang, Heni Nuraeni, S.Pd.I., Diah Puspita, SH. Kepala Bidang SDM Yayasan HARUM Karawang, Heni Nuraeni, S.Pd Kepala Bidang Pendidikan Yayasan HARUM Karawang, Aan Anisah, S.Sos Ka.Sie HLC, Ahmad Syauqi, M.Pd Ka.Sie Managerial, Erlyn Kurniati, S.Pd Kepala TKIT HARUM Karawang, Sartiman Setiawan, S.Hi. Wakil Kepala SDIT HARUM Karawang, Cecep RudianA, S.Pd Plt Kepala SMPIT HARUM Karawang, Abdul Hamid Kepala Boarding HARUM, Hershinta Yatim Ketua ISTIWA, ketua komite TKIT, ketua komite SDIT, ketua komite SMPIT, ketua komite SMAIT, 68 orang tua siswa TKIT, 116 orang tua siswa SDIT, 107 orang tua siswa SMPIT, 31 orang tua siswa SMAIT

Tema yang diusung dari kegiatan ini adalah cara membentengi keluarga dari bahaya LGBT. Tema ini diambil berdasarkan kondisi yang terjadi di Indonesia umumnya dan di karawang khususnya. Kondisi Karawang yang menurut P2TP2A Karawang ini banyak sekali kekerasan seksual yang dialami oleh anak-anak. Hal ini senada yang disampaikan oleh Hj. Liah Sobariah Wakil Ketua II P2TP2A Kab Karawang yang berkesempatan hadir di acara Parents as Teacher di Hotel Swiss bellin Karawang. Dalam kesempatan ini Hj Liah Sobariah memberikan apresiasi kepada Yayasan Harapan Umat Karawang.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Yayasan harapan umat ini. Bahwa ini adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk pencegahan kekerasan seksual sesame jenis (LGBT). Hal ini karena banyak sekali kasus kekerasan seksual terjadi di karawang. Data TP2TPA memperlihatkan data ada 50 % korkan kekerasan seksual terhadap anak. Ada anak yang berusia 12 tahun. Ada kasus ayah kandung kepada anaknya, ayah tiri kepada anak dan lain-lain. Terima kasih untuk Yayasan Harapan Umat Karawang yang telah menggelar acara parenting untuk membentengi dari bahaya LGBT, semoga orang tua siswa bisa lebih optimal menjaga dan mangasuh anak-anak yang Allah titipkan kepada kita.”

Target dari kegiatan ini adalah agar orang tua siswa HARUM bisa menyiapkan strategi pengasuhan untuk memasuki kondisi zaman yang penuh dinamika. Hal ini diutarakan oleh Asep Saepudin selaku Ketua Pelaksana Harian Yayasan HARUM Karawang “Karawang adalah kota yang terus bergerak dan menjadi kota maju. Maka kegiatan ini adalah upaya persiapan kita untuk menyiapkan anak yang bisa menerima tantangan zaman ini. Kita semua ingin berkumpul di surga kelak. Namun kenyataannya kondisi yang ada mengerikan seperti ini. Oleh sebab itu kita butuh ilmunya untuk bisa memiliki strategi dalam mengasuh anak. Di HARUM ini tidak hanya anak yang sekolah, orang tuanya juga harus sekolah.”

Seminar yang berlangsung selama 4 jam ini dipandu oleh Trainer Nasional dan Internasional yaitu Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhori atau yang biasa disapa Abah Ihsan. Peserta yang hadir diberikan pemahaman bahwa orang tua itu harus mau belajar, jika tidak maka pengasuhannya akan menggunakan pola lama.
Hal ini disampaikan oleh Abah Ihsan “Zaman sudah berbeda, pola asuh orang tua kita dulu tidak akan cocok digunakan pada anak kita saat ini, maka kita sebagai orang tua harus terus belajar agar bisa menyesuaikan pola asuh dengan anak zaman sekarang salah satunya adalah belajar bagaimana mengatasi penyakit LGBT ini”.

Abah Ihsan menyampaikan materinya dengan baik dan dibutuhkan oleh peserta. Seperti yang disampaikan oleh Ida Sriwidaningsih, S.Pd Pengawas TK kecamatan Teluljambe Timur “Saya bersyukur. bangga dan bahagia bisa mengikuti parenting di Yayasan Harapan Umat Karawang. Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari acara ini. Ilmu ini sangat berguna bagi saya.”
Kemanfaatan lain dari kegiatan ini juga dirasakan oleh Diman Mulyanto orang tua dari Dzakwan Kelas 7 SMPIT HARUM dan kelas 2 SDIT HARUM Karawang.
“Kegiatan hari ini sangat bermanfaat sekali, banyak point penting yang didapatkan sehingga kita sebagai orang tua bisa menjadikan anak kita lebih baik, bermanfaat dan berguna dikemudian hari. Terima kasih untuk HARUM dan Abah Ihsan”

 

HARUM KARAWANG

 

 

 

Admin

Komentar

Facebook

Arsip